Saturday 7 January 2017

Tips pola hidup sehat sehari-hari

Tips pola hidup sehat sehari-hari - Hidup sehat itu perlu, banyak orang yang salah jika mengganggap jika sehat adalah mahal.  itu salah, justru hidup sehat itu gampang dan murah, malah jika anda sakit itu baru biayanya yang mahal. oleh karena  itu kita harus menjaga pola hidup sehat agar tidak terkena penyakit.

Penyakit bisa datang jika kita melakukan pola hidup yang buruk ( tidak sehat ). pola hidup buruk menjadi kebiasaan, jika anda melakukan aktivitas buruk sehari-hari hingga menjadi keterbiasaan. Bila anda melakukan kebiasaan terus menerus maka banyak penyakit yang bisa menghampiri anda. 




Sebenarnya ada banyak cara mengatur pola hidup yang sehat, kali ini saya akan berbagi tips tentang cara pola hidup sehat sehari-hari. penasaran dengan bagaimana cara pola hidup sehat, Berikut adalah tips cara mengatur pola hidup sehat yang wajib anda lakukan dari sekarang.
jangan menunda-nunda dengan 
suatu hal yang positif untuk kesehatan diri anda.


Tips melakukan Pola Hidup Sehat Dengan Benar.

1. Memilih pola makan yang tepat.



Cara memilih pola makan yang sehat dibagi menjadi 5 kategori yang pertama yaitu:

1. Makanan pokok yang menyehatkan seperti Nasi, gandum, sagu ,jagung.

2. Setelah ada makanan pokok pasti harus ada lauk nya dong, nah dalam hal ini sangat penting memilih lauk pauk,contoh lauk pauk yang menyehatkan adalah Daging, tempe, dan telur.
3. Sayuran, sayuran sangat penting dalam hal pola hidup sehat, karena banyak manfaat yang terkandung, dan diperkaya dengan kandungan gizi dan serat yang tinggi.
4. Buah-Buahan yang menyehatkan, tips memilih buah-buahan yang menyehatkan adalah pilih buah-buahan yang mengandung Kandungan mineral dan serat yang tinggi.

  

2. Berolahraga Secara teratur.





Jika anda seharian kerja duduk mengetik dikantor, sebaiknya anda imbangi dengan berolahraga yang teratur. Banyak survei yang membuktikan bahwa berolahraga selam 70 menit/minggu dan mengencangkan otot tubuh selama 2 hari/minggu bisa membuat tubuh anda lebih sehat dan bugar. tips pilihlah olahraga yang menyenangkan menurut anda.

3. Harus Paham Dengan Kesehatan Diri sendiri.


Banyak orang melakukan perubahan pola hidupnya setelah dia mengalami sakit, sebenarnya itu adalah cara yang salah. Mulai hidup sehat dari sekarang sebelum anda mengalami sakit. Periksakan diri anda ke dokter minimal 1 bulan sekali untuk mengetahui kondisi tubuh anda, banyak manfaat jika kita rutin memeriksakan tubuh antara lain agar dokter tahu penyakit apa yang ada dalam tubuh kita sebelum kita jatuh sakit yang lebih parah supaya dokter bisa menanganinya.
Oleh karena itu luangkan sedikit waktu anda untuk memeriksakan diri anda.

4. Beristirahat yang cukup dan teratur.


Banyak para kalangan menyepelekan hal ini, terutama para remaja yang suka dugem atau suka tidur sampai larut pagi, sebenarnya sangat dianjurkan kita tidur dalam sehari selama 8-9 jam. manfaat yang didapat jika kita tidur cukup adalah untuk membuat tubuh menjadi sehat serta fikiran yang fresh.

5. Meminimalisir Pikiran Stress.


tak dipungkiri jika anda adalah pekerja siang dan malam bahkan sampai larut pagi itu akan membuat stress apalagi dengan pola tidur yang tidak teratur. jika kita tidak dapat mengontrol pola hidup seperti ini maka semakin lama akan menyebabkan depresi. banyak sekali cara untuk menghilangkan stress, misalnya Berswisata , atau yoga, luangkan sedikit waktu anda untuk itu.

6. menghindari kebiasaan buruk.


Disamping menghilangkan stress kita juga harus menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, begadang, minum minuman beralkohol.

7. Menjaga Kebersihan.


Kita harus menjaga kebersihan lingkungan jika tidak maka banyak kuman dan virus yang akan menghampiri kita, mulai menjaga kebersihan dari hal yang kecil yaitu diri sendiri misalnya mandi teratur sikat gigi, dan membersihkan tempat tidur.

8. Perbanyak Minum Air Putih.



tubuh kita memiliki 60-70 persen cairan dari jumlah berat badan kita. pasti kita pernah mengalami kekurangan cairan ( dehidrasi ), nah untuk menghindari hal itu, anda harus perbanyak minum air putih.
banyak survei membuktikan bahwa apabila seseorang minum air putih dalam 9-10 gelas/hari, maka mereka memiliki kekebalan tubuh yang lebih dibandingkan dengan yang jarang mengkonsumsinya. air putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Bagaimana, Hidup sehat itu murah tapi biaya sakitnya yang mahal. jalani hidup sehat itu simpel karena sederhana caranya. itulah beberapa tips pola hidup sehat sehari-hari, anda harus mencoba sistem pola hidup sehat seperti ini ya, agar terhindar dari segala macam penyakit.


Tips pola hidup sehat sehari-hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown